Analisis unsur intrinsik cerita pendek

Judul Cerita Pendek : Parade Keberangkatan Sirius ke Surga

Penulis : Erlina Anriani Siahaan


Analisis 


Tema 

Tema merupakan gagasan atau ide sebuah karya sastra. Dalam cerita pendek ‘Parade Keberangkatan Sirius ke Surga’ kesimpulan yang dapat Bilu tangkap adalah "Rasa cinta kepada tanah air melebihi harga nyawa sendiri".


Amanat

Amanat adalah kesan atau pesan yang dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pendidikan serta seuatu yang bermakna dalam hidup yang memberikan penghiburan, kepuasan, dan kekayaan batin kita terhadap hidup.
Dalam cerita pendek Parade Keberangkatan Sirius ke Surga amanat yang bilu dapat ambil adalah bahwa cinta terhadap tanah air itu harga mati, meskipun nyawa taruhannya kita tetap harus mempertahankan negeri kita dari bangsa luar yang ingin menjajah, tidak ada istilah menyelamatkan nyawa sendiri dengan menggadaikan ibu pertiwi ini.


Alur

Alur atau plot merupakan jalan cerita dalam sebuah karya sastra. Ada 3 jenis alur dalam karya sastra, yakni alur maju, alur mundur, dan alur campuran.
Dalam cerita pendek Parade Keberangkatan Sirius ke Surga alur yang digunakan adalah alur maju yang disisipkan beberapa kali alur mundur di dalamnya dalam bentuk mengingat. 


Latar 

Latar atau Setting merupakan unsur karya sastra yang mampu menunjukan di mana, kapan, dan bagaimana suasana sebuah peristiwa dalam karya sastra itu berlangsung. Cerpen karya kak Erlina Anriani Siahaan ini berlatar di Indonesia, Bilu simpulkan begitu saat membaca kalimat ‘Demi merah-putih yang tetap berkibar teguh’.


Tokoh dan Penokohan

Tokoh merupakan orang yang menjalankan seluruh peristiwa dalam sebuah karya sastra. Penokohan merupakan penyajian  watak atau pencitraan yang ditunjukan oleh  setiap tokoh.
Dalam cerpen Parade Keberangkatan Sirius ke Surga nama orang yang menjadi tokoh utama adalah Marrimar, seorang gadis berusia kurang dari lima belas tahun. Marriott de Lauferme sebagai sang ibu yang kuat dan tangguh dengan memegang dua peran baginya—sebagai ibu sekaligus ayah. Lalu beberapa tokoh jahat yang tidak disebutkan namanya, berperan dalam pembunuhan kedua orang tua Marrimar.


Sudut Pandang 

Sudut pandang (Point of View) merupakan penempatan pengarang atau posisi pengarang di dalam sebuah cerita yang dibuatnya. Sudut pandang terhadap tiga.
Dalam cerpen Parade Keberangkatan Sirius ke Surga PoV yang dipakai adalah yang pertama (aku) yang dapat ditemukan dihampir seluruh paragraf.


Kesimpulan 

Cerita ini memberi kesan 'relate' pada yang membacanya karena memuat tentang seorang jenius yang menemukan anti virus untuk Covid 19 yang sedang marak terjadi di seluruh dunia. Seseorang yang akhirnya harus mati karena tidak ingin bersekutu dengan negara lain, orang yang begitu mencintai negerinya melebihi nyawanya sendiri. Begitu pula sang istri yang melanjutkan perjuangan sang suami dalam mempertahankan penemuan itu agar tak dicuri. Meskipun akhirnya beliau juga mati dan menyisakan sang anak seorang diri. Pada intinya, cerita ini memuat pesan moral tentang cinta bangsa yang mendalam dan sangat dramatis, Bilu suka dengan keseluruhan cerita pendek ini.

Komentar

Postingan Populer